10 Tahun Inovasi dan Evolusi

Evdo Coverage – Ketika saya melihat kembali internet dan ekosistem online selama 10 tahun terakhir, sungguh menakjubkan betapa banyak yang telah berubah. Kita sering berbicara tentang seberapa cepat internet berevolusi, tetapi hanya ketika Anda mengambil langkah mundur dan melihat betapa banyak hal telah berubah, fakta ini benar-benar meresap. Jadi, saya pikir akan menarik untuk mempertimbangkan beberapa hal utama. perubahan sejak perusahaan kami mulai pada tahun 2001.

1. Munculnya pemasaran afiliasi.
Apa pun perusahaan yang menurut Anda menciptakan pemasaran afiliasi (PC Flowers & Gifts, Amazon.com, CDnow.com, atau salah satu perusahaan lain yang sering mendapat kredit), industri ini benar-benar sudah tua dalam 10 tahun terakhir. Dari hari-hari awal berbagai situs web e-commerce yang menawarkan kepada penerbit untuk membayar langganan situs atau pembelian produk, industri ini telah berkembang menjadi beragam metodologi berbasis kinerja yang kita kenal sekarang. Dari kemunculan jaringan afiliasi hingga perluasan besar-besaran jumlah afiliasi, industri ini memiliki dampak besar pada bisnis online dan terus tumbuh.

2. Pemasaran seluler menjadi lebih dari sekadar iklan di samping bus.
Sementara banyak dari kita mungkin ingat Miami Vice, Wall Street dan representasi 80-an lainnya dari apa yang disebut ponsel, industri seluler tidak benar-benar berdampak pada kehidupan sebagian besar konsumen sampai tahun 90-an dan kemudian meledak dengan munculnya smartphone yang dimulai pada tahun 2001. Saya berpikir kembali ke Nokia lama yang saya gunakan tahun itu dan membandingkannya dengan iPhone4 saya saat ini, dan sulit membayangkan bagaimana kita dapat dari titik A ke titik B dalam waktu kurang dari 10 tahun. Tambahkan perangkat seperti iPad dan gadget seluler lainnya ke dalam daftar dan pasar ini sedikit menyerupai kemunculannya pada tahun 2001, ketika fitur utama ponsel adalah kemampuan untuk melakukan panggilan telepon.

3. Media menjadi sosial.
Pada tahun 2001, konsep media sosial sedang dalam masa pertumbuhan, tetapi akan membutuhkan peluncuran Friendster pada tahun 2003 untuk memberi pengguna internet pandangan pertama tentang perkiraan situs jejaring sosial yang kita semua kenal sekarang. Sama seperti kemampuan dan layanan lain yang kita lihat sebagai bagian penting dari internet saat ini, gagasan bahwa setengah dari semua orang di AS akan memiliki akun di jejaring sosial akan tampak seperti fiksi ilmiah pada tahun 2001. Saya hanya dapat membayangkan apa orang akan memikirkan konsep seperti Twitter saat itu. Meskipun mungkin akan sangat mirip dengan apa yang dikatakan oleh bashers Twitter hari ini (“Saya tidak peduli apa yang Anda miliki untuk sarapan hari ini!“).

4. Dial-up menjadi broadband.
Sementara beberapa perkembangan lebih jelas dari segi fisik (smartphone, layar sentuh, dll.) Hanya sedikit yang memiliki dampak lebih besar pada perkembangan internet secara keseluruhan daripada penyebaran broadband ke rumah konsumen. Pada akhir tahun sembilan puluhan, sebagian besar pengguna internet tidak memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi dari rumah mereka. Peluang terbaik mereka untuk memiliki pengalaman pengguna yang layak secara online adalah jika mereka memiliki sesuatu seperti saluran T1 di kantor mereka. Di rumah, banyak orang masih puas dengan akses dial-up. Begitu banyak aplikasi dan kemampuan internet yang kita anggap remeh hari ini hampir mustahil bagi pengguna untuk mengakses 10 tahun yang lalu.

5. Satu-ke-banyak berkembang menjadi satu-ke-satu.
Salah satu perubahan terbesar dalam ruang online selama 10 tahun terakhir adalah pergeseran dari model komunikasi siaran satu-ke-banyak (seperti TV, radio, surat kabar, dll.) Ke model satu-ke-satu yang lebih personal yang kami semua sudah terbiasa dengan hari ini. Sementara dinding kastil media tradisional belum jatuh, celah-celah itu mulai muncul ketika konsumen individu mulai membuat konten mereka sendiri secara online. Saat ini, industri media tradisional terus berusaha mencari cara bagaimana membuat model bisnis mereka beroperasi dengan sukses di dunia di mana siapa pun bisa menjadi penerbit.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Toko Bunga Online

6. Pencarian ternyata lebih dari sekadar cara untuk menemukan barang secara online.
Ada saat ketika pencarian hanyalah cara untuk menemukan informasi online. Kembali sekitar pergantian abad, hanya sedikit yang bisa membayangkan bahwa pencarian akan menjadi cara paling ampuh untuk mengarahkan lalu lintas online dan industri multi-multi-miliar dolar dengan sendirinya. Google masih anak baru di blok (baru saja meluncurkan AdWords pada tahun 2000) dan belum kewalahan dan mengganti setiap mesin pencari lain di jalurnya. Saat ini, pencarian adalah salah satu landasan ekonomi internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *